SBDP

SD KOTAGEDE 3 YOGYAKARTA dengan alamat IG: https://www.instagram.com/sdn_kotagede3?r=nametag

KETUPAT



MEMBUAT PRAKARYA KETUPAT DARI PITA JEPANG
UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR



WAKTU PEMBUATAN: 4 JPL (4 X 35 MENIT/1 MINGGU



Macam Macam Jenis Bentuk Ketupat

Ketupat adalah makanan populer Indonesia dengan bahan dasar beras yang direbus matang di dalam selongsong anyaman daun kelapa muda atau janur. Tidak semua orang dapat membuat selongsong ketupat, karena diperlukan ketrampilan dan pengalaman tersendiri. 

Mungkin Anda hanya mengenal beberapa jenis bentuk ketupat saja yang biasa dinikmati ketika Lebaran. Ada beberapa ketupat untuk hiasan dalam bentuk yang menarik seperti Ketupat Bentuk Lontong, Ketupat Bentuk Balok, Ketupat Lebaran, Ketupat Tabung/Guling, Ketupat Dada Ayam, Ketupat Kodok, Ketupat Kapak, Ketupat Bantal, Ketupat Sudut Tidak Beraturan, Ketupat Sudut Lancip, Ketupat Patung Hewan, Ketupat Sudut Tumpul, Ketupat Model Saku, Ketupat Bentuk Bintang, Ketupat Bentuk Unggas, dan Ketupat Bentuk Nanas.


Bentuk Kubus



Ketupat Sate

Ketupat Burung

Ketupat Pedal
  

Cara Membuat Ketupat


    Disini kita akan mencoba menjelaskan cara membuat anyaman ketupat dari pita plastik, pada dasarnya caranya sama dangan cara membuat anyaman ketupat dari daun kelapa, bagi ibu-ibu rumah tangga yang ingin belajar silahkan ikuti petunjuk dibawah ini dan semoga bermanfaat untuk anda-anda semua.


Langkah-langkah :

1.    Siapkan 2 rol pita plastik yang berbeda warna ukuran 2cm kemudian potong kedua pita sepanjang 1m, belah pita menjadi 2 bagian. 

  


2.    Lingkarkan sebanyak 3 kali lingkaran pada jari tangan kanan dan kiri dengan ujung pita yang panjangnya berbeda.



3.    Anyam lingkaran pita dengan cara memasukan pita mulai dari tangan kanan berselang-seling keatas pita yang ada ditangan kiri.


4.    Sampai terbentuk seperti gambar yang dibawah ini.


5.  Ambil salah satu pita yang ujungnya panjang, masukan berselang-seling sebanyak 3 langkah.



 6.    Sampai seperti gambar yang dibawah ini.


7.    Ambil ujung pita yang pendek dengan warna yang berbeda untuk mengunci anyaman sebanyak 2 langkah.


8.    Ulangi langkah 1-7 pada ujung pita yang belum di anyam sampai kedua ujung pita bertemu, ujung pita yang pendek dengan yang pendek, yang panjang dengan yang panjang, lihat contoh gambar dibawah ini.



VIDEO 1:


VIDEO 2:



LATIHAN SOAL UNTUK SISWA











Share on Google Plus

About AGUNG NURCAHYO

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

10 komentar:

  1. Sudah rinci, apakah dijadikan penugasan?apakah bisa menggunakan kertas bekas

    BalasHapus
    Balasan
    1. pembuatan ketupat bias menggunakan kertas bekas bu, tapi kertas yang agak tebal

      Hapus
  2. Balasan
    1. terima kasih, silahkan bias mengerjakan kuisnya secara online

      Hapus
  3. Pas untuk blognya tidak diminta mentor menggunakan templete pihak ketiga ya pak Agung ?, terus pada saat membuat contoh ketupat ini memang tidak pakai daun kelapa ya ... khan menurut saya lebih murah dan mudah dengan bahan daun kelapa daripada plastik ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini blog nya masih sederhana pak, utk ganti template masih tahap belajar utk menggantinya, saya dan anak SD letaknya dikota yogya jadi saya kondisikan dengan lingkuangan siswa, tidak ada pohon kelapa di sekitar sekolah

      Hapus
  4. Balasan
    1. mtr nwm… silahkan berlatih menggunakan kuis secara daring

      Hapus